Informasi Lengkap Wisata Curug Cibaliung Bogor

Bogor dikenal sebagai julukan kota hujan ternyata mempunyai tempat wisata alam yang menakjubkan tanpa menguras isi dompet Anda, salah satunya yaitu Curug Cibaliung yang berada di Kab. Bogor.

Lelahnya rutinitas harian yang harus dijalani dan macetnya suasana perkotaan membuat sebagian warga Bogor dan sekitarnya memutuskan untuk pergi berlibur untuk melepas kepenatan dengan biaya yang tidak menguras kantong. Salah satu tempat yang terjangkau dari wilayah Jakarta dan sekitarnya yaitu Bogor, kota yang dijuluki sebagai kota hujan memiliki wisata alam yang indah yaitu Curug Cibaliung. Maka dari itu kami memberikan sebuah tempat wisata alternatif bagi Anda yang ingin mencoba suasana baru.

Curug Cibaliung sebagai Tempat Wisata Alternatif

Tempat wisata terkenal di Bogor seperti Taman Safari Indonesia, Kebun Raya Bogor ataupun Jungle Land, semua orang sudah mengenalnya. Sebagian orang pernah mengunjungi salah satu dari ketiga tempat wisata itu. Namun bagi sebagian masyarakat tiket masuk boleh dibilang cukup tinggi, apalagi kalau hari libur. Belum lagi, uang yang harus dikeluarkan untuk membayar parker. Maka dari itu, kami akan membahas tentang Curug Cibaliung sebagai tempat wisata alternatif bagi Anda.

Lokasi dan Rute

Sebelum memutuskan untuk pergi ke Curug Cibaliung, Anda harus mengetahui lokasi agar tidak tersesat nantinya. Lokasi Curug Cibaliung berada di Desa Karangtengah, Kecamatan Babakan Madang yang merupakan daerah Sentul, Kabupaten Bogor. Sedangkan untuk rute menuju Curug Cibaliung, setelah Anda keluar dari tol Sentul City, kemudian jalan terus hingga hampir memasuki tempat wisata Jungle Land. Nah, Anda kemudian belok kiri memasuki wilayah perkampungan, persis seperti jalan menuju Curug Leuwi Hejo. Sebagai informasi, kawasan ini terdapat beberapa curug lainnya selain Curug Leuwi Hejo.

Tiket Masuk

Untuk dapat memasuki Curug Cibaliung, tarif yang dikeluarkan cukup terjangkau. Anda hanya dikenakan tarif parkir dan tiket saja. Nah untuk harga tiket masuk Curug Cibaliung sekitar 15 ribu rupiah, tetapi Anda harus membayar parkir sebesar 5 ribu rupiah. Selain itu, untuk sampai ke lokasi Anda harus membayar 5 ribu rupiah. Jadi total yang harus dikeluarkan berkisar 30 ribu rupiah, itu pun belum termasuk biaya penitipan barang dan kamar mandi. Semoga biaya yang dikeluarkan oleh pengunjung agar benar-benar ada perbaikan fasilitas seperti akses jalan ataupun kamar mandi.

Fasilitas

Sebenarnya fasilitas di Curug Cibaliung Bogor masih belum memadai, tetapi paling tidak ada fasilitas umum seperti tempat parkir, kamar mandi, dan penitipan barang untuk menjaga barang bawaan Anda. Meski terbilang minim, tiga fasilitas tersebut dapat memenuhi kebutuhan para pengunjung. Selain itu tidak adanya fasilitas warung di Curug Cibaliung, membuat Anda harus membawa perbekalan yang cukup agar tidak kelaparan. Tetapi perlu diingat, jagalah kebersihan. Jika Anda tidak menemukan tempat sampah, kumpulkan sampah-sampah tersebut dalam kantong plastik untuk dibawa kembali menuju parkiran hingga menemukan tempat sampah.

Penginapan

Jika Anda ingin mengunjungi Curug Cibaliung pada keesokan hari karena ingin menikmati curug tersebut lagi ataupun Anda baru saja sampai di daerah Sentul pada sore hari dan tidak memungkinkan untuk mengunjunginya, kami menyarankan agar Anda menginap di kawasan tersebut. Agar tidak terjebak macet di wilayah tersebut. Sedangkan, untuk penginapan Anda dapat mengakses aplikasi melalui smartphone atau bertanya pada warga sekitar untuk mendapatkan penginapan dekat Curug Cibaliung dengan tarif terjangkau tentunya. Selain itu, Anda dapat menginap di wilayah Sentul karena banyaknya penginapan tersedia di sana, namun pastikan lagi biaya yang harus dikeluarkan.

Jika Anda sudah yakin untuk mengunjungi Curug Cibaliung, berangkatlah pagi-pagi jika Anda tinggal di luar Kota/Kab, Bogor untuk menghindari kemacetan di jalan tol khususnya pada musim liburan ataupun akhir pekan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*