Informasi Lengkap Tempat Wisata Kulon Progo

Berwisata di Yogyakarta tak akan pernah pas bila mengunjungi salah satu tempat wisata alam. Kami akan memberikan informasi tentang wisata Kulon Progo yang dapat Anda kunjungi.

Kabupaten Kulon Progo yang terletak di barat provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang mempunyai tempat wisata alam patut untuk Anda kunjungi. Mulai dari wisata hutan, air terjun, ataupun pantai bisa Anda kunjungi di Kulon Progo. Selain itu, wisata Kulon Progo menawarkan harga yang cukup terjangkau bagi pengunjung dari berbagai kalangan, jadi tak perlu khawatir dengan isi dompet Anda, tak akan membuat kantong Anda bolong. Yuk, simak empat tempat wisata favorit di Kab. Bantul.

Empat Tempat Wisata Kulon Progo

Kali ini kami akan membahas empat tempat wisata Kulon Progo. Mulai dari Air Terjun Grojogan Sewu, Pantai Trisik, Waduk Sermo, dan Gua Kiskendo. Bagi sebagian orang pernah mengunjungi salah satu dari kelima tempat wisata tersebut, namun bagi Anda yang belum pernah mengunjunginya tak perlu khawatir, kami akan mengulas satu per satu objek wisata Kulon Progo.

1.      Air Terjun Grojogan Sewu

Biasanya air terjun Grojogan Sewu lebih terkenal di Kab. Karangayar, Jawa Tengah. Namun, Grojogan Sewu yang satu ini merupakan sebuah obyek wisata Kulon Progo yang baru dibuka pada tahun 2014. Lokasinya berada di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo membuat anda harus menempuh jarak sekitar 30 menit dari pusat kota untuk sampai di lokasi wisata Kulon Progo. Dengan tiket masuk sebesar 6 ribu rupiah, Anda pun dapat menikmati keasrian dan berenang di tepian Curug Grojogan Sewu, karena terdapat kedung yang cukup dalam.

2.      Pantai Trisik

Jika Anda melalui lintasan Purworejo-Bantul, Anda akan menemukan Pantai Trisik. Pantai ini merupakan tempat wisata Kulon Progo pertama yang baru dibuka sebagai wisata Kulon Progo dan selalu ramai pada hari libur dan pada hari kerja tidak banyak pengunjung di Pantai Trisik ini, hanya nelayan dan para pekerja di konservasi penyu. Dengan tiket 2 ribu rupiah, Anda sudah dapat menikmati keindahan alam di pantai ini meskipun tidak dapat digunakan untuk berenang karena derasnya ombak. Selain itu, Anda pun dapat menikmati matahari terbenam (sunset) pada sore hari.

3.      Waduk Sermo

Warga Kulon Progo pasti sudah paham dengan Waduk Sermo. Bagi Anda yang belum memiliki rencana untuk mengunjungi tempat wisata Kulon Progo, Anda dapat mengunjudi Waduk Sermo. Waduk ini diresmikan sekitar tahun 1960an dan memiliki kualitas air terbaik karena diapit oleh hutan yang cukup terawat. Untuk mencapai tempat wisata Kulon Progo, membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota Kulon Progo. Anda pun dapat menginap di Waduk Sermo karena tersedia villa dan tempat untuk camping.

4.      Gua Kiskendo

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi yang tak biasa, kungjungilah salah satu obyek wisata Kulon Progo yaitu Gua Kiskendo. Gua ini dibuka untuk umum sekitar tahun 1964. Anda hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit untuk sampai di Gua Kiskendo dari Kota Wates. Sebelum Anda memasuki gua tersebut, terdapat relief cerita Ramayana yang terletak di dinding luar gua. Ketika sudah memasuki gua, tersaji pemandangan skalaktit dan stalaknit, serta sungai di bawah tanah yang jernih. Untuk mengunjungi tempat wisata Kulon Progo ini, sangat disarankan untuk menggunakan alas kaki anti-slip untuk mencegah tergelincir sewaktu berada di dalam gua.

Itulah informasi tentang empat tempat wisata Kulon Progo yang dapat Anda kunjungi jika berlibur di DIY. Jaraknya tak terlalu jauh dari Kota Wates dan Kota Yogyakarta, sangat disayangkan jika tak mengunjunginya. Apalagi tempat wisata tersebut sangatlah terjangkau dan tidak akan membuat isi dompet Anda mengempis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*