Informasi Lengkap Wisata Curug Malela Bandung

Ingin berwisata alam di Bandung? Cobalah mengunjungi Curug Malela Bandung menikmati keindahan alam dan merasakan segarnya air terjun membuat Anda ingin mengunjunginya lagi.

Bandung selalu menawarkan tempat wisata kuliner, sejarah, ataupun alam bagi warganya ataupun pelancog ketika berlibur di Bandung. Nah, kali ini kami akan membahas sebuah tempat wisata alam berupa curug di Bandung Barat yaitu Curug Malela Bandung, yang merupakan curug yang cukup unik dari biasanya. Mau tahu keunikannya? Simak artikel di bawah ini.

Hal Tentang Curug Malela Bandung Yang Harus Anda Pahami

Ada beberapa poin yang harus Anda perhatikan sebelum berkunjung ke tempat wisata ini, yaitu:

1.      Tentang Curug Malela Bandung

Curug Malela merupakan tempat wisata air terjun yang cukup menantang adrenalin. Karena akses menuju Curug Malela Bandung dari tempat parkir memakan waktu cukup lama. Akan tetapi, Anda dapat menyaksikan keindahan secara langsung, selain itu Curug Malela ini dijuluki sebagai Little Niagara. Bentuknya mirip seperti air terjun Niagara yang berada di Amerika. Ketinggian 60 meter dan lebar 70 meter, air terjun ini ternyata memiliki 5 jalur air terjun untuk mengaliri ke sungai Cicadap dan gunung Halu. Bila anda melihat dari kejauhan aliran Curug Malela Cililin tampak seperti helaian benang sutra, namun dibalik keindahnnya ternyata menyimpan kisah mistis bagi para pengungjung seperti mitos, penampakan ataupun hal mistis lainnya. Sebaiknya Anda harus bertanya mengenai informasi misteri Curug Malela.

2.      Lokasi dan Rute

Lokasinya Curug Malela Bandung berada di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kab. Bandung Barat. Lokasi Curug Malela persisnya berada di Kampung Manglid. Waktu tempuh sekitar kurang lebih 3 jam dari Kota Bandung, membuat Anda harus berangkat pagi-pagi. Selain itu, ketika sudah sampai di parkiran Anda harus menyewa ojek dan berjalan sepanjang 10 kilometer, tarif ojek kurang lebih 75 ribu sudah termasuk bolak balik. Tetapi, Anda harus mencari parkir dan tukang ojek terpercaya agar barang bawaan Anda tidak diraib.

  • Rute menuju Curug Malela

Rute menuju tempat ini bisa berbeda tergantung dari titik keberangkatan dan jenis kendaraan yang digunakan, pribadi atau umum. Jika Anda berangkat dari Kota Bandung dengan kendaraan pribadi, dari Cihampelas menuju ke arah Cililin-Sindang Kerta hingga Gunung Halu. Kemudian lanjutkan perjalanan menuju Desa Buni Jaya dan tanyalah pada warga sekitar arah menuju Kampung Manglid. Saat Anda sudah berada di lokasi Curug Malela Bandung, parkirkan kendaraan di dekat perkebunan apabila menggunakan mobil karena akses menuju lokasi hanya dapat dilalui dengan jalan kaki, motorpun tidak dapat mengantarkan kita hingga ke lokasi air terjun.

4.      Harga dan Aktivitas di Curug

Beruntung sekali jika Anda mengunjungi Curug Malela ini, karena tidak adanya harga tiket masuk Curug Malela alias gratis. Lokasi Curug Malela Bandung yang terisolir dan akses jalan yang sulit membuat curug ini tidak memiliki banyak pengunjung. Fasiltas warung hanya tersedia di pos saat beristirahat, jadi disarankan Anda harus membawa bekal yang cukup.

Aktivitas di Curug Malela Cililin Anda dapat menikmati keindahan Curug sambal berfoto-foto. Sangat disarankan untuk berhati-hati, karena arus deras yang datang secara tiba-tiba dan dapat menyeret pengunjung jika tidak berhati-hati. Tak perlu khawatir jika Anda sudah mengantisipasi dari awal.

5.      Tips Sebelum Berkunjung

Beberapa tips berguna untuk Anda jika ingin berkunjung ke Curug Malela Bandung:

  • Berangkatlah pagi-pagi untuk menghindari kemacetan khususnya pada hari libur.
  • Ketika sudah sampai di parkiran menuju Curug Malela Cililin bertanyalah pada warga sekitar mana yang harus dilakukan dan tidak.
  • Tidak berkunjung ke curug jika hujan mulai turun.

Itulah informasi tentang Curug Malela Cililin bagi Anda yang berencana berkunjung ke curug. Selamat menikmati libur akhir pekan Anda dengan keluarga dan orang terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*