Informasi Lengkap Wisata Situ Gede Tasikmalaya

Salah satu tempat wisata alternatif di Tasikmalaya ini tidak akan menguras kantong Anda tentunya. Situ Gede Tasikmalaya dapat menjadi tempat alternatif untuk berwisata.

Bagi warga Bandung dan sekitarnya pasti ingin mencoba tempat wisata yang murah meriah dan tentunya tidak akan menguras isi kantong Anda, maka kali ini kami merekomendasikan Situ Gede Tasikmalaya sebagai tempat wisata yang pas untuk Anda. Di Situ Gede ini, Anda dapat menggunakan perahu rakit untuk berkililing danau. Sangat disarankan untuk berhati-hati karena tidak adanya pembatas di sisi rakit. Salah sedikit Anda bisa tercebur ke danau, apalagi bagi Anda yang tidak membawa pakaian ganti. Sedikit informasi tentang Situ Gede Tasikmalaya, kata situ dalam bahasa Sunda bermakna danau, sedangkan Gede yang berarti luas atau besar. Sesuai sekali dengan Namanya, Situ gede ini memiliki luas 47 hektar serta kedalaman hingga mencapai 6 meter.

Sejarah Situ Gede Tasikmalaya

Di Situ Gede Tasikmalaya ini, terdapat cerita yang hingga kini masih dipercaya oleh masyarakat. Di tengah danau, terdapat sebuah pulau yang luasnya 1 hektar. Ditempat inilah terdapat makam Eyang Prabudilaya Kusuma. Eyang Prabudilaya Kusuma ini merupakan tokoh yang cukup dihormati oleh warga Tasikmalaya karena masih memiliki garis keturunan Wali. Selain itu, juga terdapat dua makam pengikutnya yang setia merupakan pasangan suami-istri, Jayakerta berserta istrinya. Konon, istri Jayakerta ini suka sekali nyinden (bernyanyi). Singkat cerita, Eyang Prabudilaya meninggalkan kedua istrinya untuk melakukan ritual mitegeni selama beberapa waktu yang cukup lama. Karena tak kunjung kembali, kedua istri tersebut bersama-sama mencarinya. Setelah mereka bertemu dengan suaminya, mereka pun membawa pergi untuk selanjutnya dibunuh. Darahnya yang mengalir deras membuat tempat terbunuhnya Eyang Pabudilaya Kusuma menjadi Curug Cibeureum.

Lokasi dan Rute

Secara administratif, lokasi Situ Gede Tasikmalaya berada di kota Tasikmalaya. Lokasinya tak jauh dari alun-alun dan stasiun Tasikmalaya, menjadikan Situ Gede Tasikmalaya sebagai tempat wisata alternatif. Situ Gede beralamat di Jalan Situ Gede, Kecamatan Mangkubumi. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dari alun-alun menuju Situ Gede.

Rute menuju Situ Gede Tasikmalaya dari alun-alun Anda berjalan lurus melalui Jalan Raya Sumedang-Cibeureum, kemudian belok kiri di pertigaan Jalan Pemuda. Dari situ, Anda berjalan lurus saja hingga perempatan Jalan K.H.Z. Mustofa kemudian belok kiri hingga tugu Asmaul Husna. Kemudian belok kanan menyusuri Jalan Nagarawi dan Jalan Paseh hingga bertemu di pertigaan Jalan Situ Gede, kemudian belok kanan dan ikuti Jalan Situ Gede hingga berakhir di Situ Gede Tasikmalaya.  

Bagi Anda yang mengambil titik awal dari stasiun, di depan stasiun terdapat pertigaan yang harus dilalui hingga perempatan Jalan Dewi Sartika. Kemudian, belok kanan dan lewati Jalan Dewi Sartika, Jalan Galunggung hingga bertemu Jalan Bantar. Disini, Anda hanya perlu melewati sepanjang jalan yang telah disebutkan tadi hingga bertemu di pertigaan Jalan Cieuteung Gede. Setelah berjalan beberapa meter, anda akan bertemu di pertigaan jalan yang sama, namun ambil kanan hingga bertemu pertigaan Jalan Ir.H. Juanda. Lurus saja hingga bertemu di pertigaan Jalan Situ Gede setelah melewati pom bensin. Terakhir, belok kanan ke Jalan Situ Gede dan ikuti sepanjang jalan itu.

Harga Tiket dan Hotel

Harga tiket masuk Situ Gede Tasikmalaya cukup terjangkau, selain itu Anda juga dikenakakan biaya parkir bagi sepeda motor dan mobil saat hendak memasuki Situ Gede Tasikmalaya.

Demikian Informasi mengenai Situ Gede Tasikmalaya. Bagi anda yang ingin mencari penginapan di sekitar Situ Gede, banyak tempat penginapan dekat Situ Gede Tasikmalaya mulai hotel melati hingga berbintang. Tinggal disesuaikan dengan budget Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*